Langsung ke konten utama

Harga pasang dak keraton di Malang

Keraton ini terbuat dari bahan dasar tanah liat (keramik) yang dicetak dengan cetakan khusus sehingga berbentuk menyerupai kubus dengan lubang-lubang dibagian tengahnya (liat gambar) Keramik ini mempunyai rongga yang bila diperhatikan secara seksama menyerupai huruf “V”. Dalam keadaan terpasang, rongga “V” ini seakan-akan menumpu beban yang ada diatasnya. Untuk membuat pelat, keraton ini dirangkai dengan campuran semen pasir (beton) dan direkatkan dengan beton. Untuk memperkuat strukturnya, keraton juga diberi tulangan baja yang diletakkan di keempat sisinya dsan kemudian dicor dengan beton. Pemberian tulangan dilakukan dengan system penulangan searah. Ini karena tulangan hanya dikaitkan dengan dua balok yang berhadapan.

Daftar Harga Pasang Dak Keraton di Malang

1. PAKET I Harga Rp. 940.000,- meliputi :
    - Bekisting balok ukuran balok maksimal 15x35
    - Pembesian balok dengan tulangan φ12mm begel φ8mm jarak 20cm
    - Pengecoran Balok 1pc : 2Ps : 3Kr
    - Pemasangan dak keraton besi φ10mm dan besi φ8mm
    - Pengecoran celah antara dak keraton satu dengan dak keraton lainnya
    - Pengecoran lapisan sisi atas dak keraton setebal 2cm


2. PAKET 2 Harga Rp. 720.000,- meliputi :
    - Pengecoran balok 1pc : 2ps : 3 kr ukuran maksimal 15x35 ( diluar bekisting dan pembesian)
    - Pemasangan  dak keraton besi φ10mm dan besi φ8mm
    - Pengecoran celah antara dak keraton satu dengan dak keraton lainnya
    - Pengecoran lapisan sisi atas dak keraton setebal 2cm


3. PAKET 3 Harga Rp. 645.000,- meliputi :
    - Pemasangan dak keraton  besi φ10mm dan besi φ8mm
    - Pengecoran celah antara dak keraton satu dengan dak keraton lainnya
    - Pengecoran lapisan sisi atas dak keraton setebal 2cm
    - Pemasangan kabel listri tidak termasuk bahan


 4. PAKET 4 Harga Rp. 545.000,- 
      - dak keraton rakitan besi φ10mm dan besi φ8mm


Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) merupakan teknologi yang telah dikembangkan di beberapa negara di Eropa. Teknologi ini kemudian dibawa ke Indonesia melalui proyek bantuan teknis pembangunan industri bahan bangunan yang diawasi oleh UNDP. Dak keraton diciptakan untuk solusi efisiensi bahan material, ekonomis dan praktis pada cor dak untuk bangunan bertingkat.
dakkeratoncitrajayakeraton
Bisa menghemat uang untuk beli papan cor, seperti kita ketahui papan cor yang sudah kita gunakan tidak bisa lagi dimanfaatkan sehingga akan terbuang percuma. Pada pemasangan dak lantai keraton papan cor hanya diperlukan pada kolom yang di pinggir saja. Kita juga tidak memerlukan triplek lagi karena adukan otomatis tertampung pada ruang antara satu lonjoran keraton dengan yang lainnya. Sangat efisien dari segi biaya. Tidak memerlukan tiang penyangga, atau memerlukan hanya sedikit penyangga pada bentangan 3-4 meter pada awal pemasangan untuk menahan lendutan awal. Berbeda dengan metode cor konvensional yang memerlukan banyak papan penyangga sehingga ruang di bawahnya akan penuh dengan kayu, akibatnya pengerjaan dinding bawah menjadi tertunda dan kayu bekas penyangga menjadi terbuang percuma.
dak keraton
Waktu pengerjaan lebih singkat, karena tidak perlu menganyam besi tulangan maka waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan lantai dak juga menjadi lebih singkat dan tidak membutuhkan perancah kayu sehingga ramah lingkungan dengan penggunaan kayu yang sangat sedikit. Pada saat pemasangan tidak menggangu lantai bawahnya, karena tidak memerlukan penyangga perancah seperti pada pembuatan plat lantai beton biasa.Lebih cepat, sehingga dapat membuat plat/dak beton tanpa harus membongkar atap rumah keseluruhan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, bila rumah/gedung yang dibangun dari awal dengan menggunakan bekisting yang minim, pekerjaan finishing di lantai bawah dapat segera diselesaikan tanpa harus menunggu selesainya pembuatan plat/dak beton di atasnya. Waktu yang dibutuhkan hanya 1/4 dari waktu yang dibutuhkan untuk membut lantai dak dengan metode konvensional. Kalau metode konvensional perlu 1 bulan maka lantai keraton cukup 1 minggu saja. Hemat tenaga kerja, waktu pengerjaan yang singkat membawa dampak positif berkurangnya tenaga kerja yang akhirnya menghemat biaya pengerjaan. Tidak memerlukan alat bantu untuk mengangkat lonjoran keraton, karena materialnya berongga maka lonjoran keraton lebih ringan sehingga tidak perlu alat bantu untuk mengangkatnya, cukup diangkat oleh dua orang pekerja sehingga dapat mengurangi biaya konstruksi.
dak_beton_keraton
Material lebih ringan, bobot mati lantai keraton berkisar antara 180-225 Kg/m2 karena bahannya berongga, bandingkan dengan cor biasa yang beratnya mencapai 300 Kg/m2 sehingga mengurangi beban bangunan secara keseluruhan, disamping itu keraton memiliki rongga didalamnya dan material pembentuknya adalah tanah liat. Walaupun bobotnya ringan, hal ini tidak berpengaruh pada kualitasnya yang sejajar dengan kualitas beton K 175 yang mempunyai tegangan ijin maksimum sebesar 55 kg/cm². Bobot yang ringan ini menyebabkan beban strukur yang didukung oleh kolom bisa dihemat. Selain itu, menurut Ir. Bambang Mursodo, keuntungan bobot yang ringan akan memperkecil GAYA GEMPA yang diterima oleh stuktur bangunan. Ini berarti bila mengalami keruntuhan, lantai tidak akan runtuh dalam bentuk lempengan besar dan berat tetapi dalam bentuk lempengan kecil sehingga tidak membahayakan penghuni. Dalam Rumus Newton F = m.a. Jadi jika massa bangunan berkurang maka gaya gempa yang terjadi akibat percepatan gempa juga berkurang. Adanya RONGGA di dalam komposit keramik beton akan memudahkan kita untuk menangkap “sinyal” bila plat/dak beton itu akan runtuh. Hal ini bisa diibaratkan dengan sepotong bambu yang digunakan sebagai perancah. Bila diinjak dan akan patah maka bambu akan memberikan “sinyal” bahwa ia akan patah, diantaranya dengan mengeluarkan suara “krek”. Berbeda jika bila perancah yang digunakan adalah kayu. “sinyal” ini tidak ada karena kayu tidak mempunyai rongga didalamnya. Bila patah ia langsung patah. Teknik ini bisa menghemat pemakaian besi beton hingga 70% sehingga sistem ini dirasa sangat efisien, praktis dan ekonomis.

KEUNGGULAN DAK KERATON (Keramik komposit beton) Kualitas dak beton keraton Kekuatan dak keraton sudah diuji laboratorium yang mendapat hasil bahwa keraton(keramik Komposit Beton) mempunyai kekuatan 750kg/m2.
Hasil ini sesuai dengan loading test – II no LB / BPPU/ 001-12/IX/9906.09.99. ketebalan dak dibuat 15cm.Terbuat dari Tanah Liat pilihan yang kemudian Di extrude dan dibakar pada suhu 1000 derajat Celcius sehingga dihasilkan keramik yang mempunyai Kuat tekan setara Beton K300.Dari hasil penelitian diatas,Pada bentang 4 m untuk dak keraton 10cm mendukung sampai 550kg/m2.Jauh diatas kekuatan yang disarankan untuk rumah tinggal. Ringan Karena dak keraton memiliki rongga sehingga bobot nya lebih ringan hanya 180-225kg/m2.sedangkan dak beton 288kg/m2 dengan ketebalan 12 cm karena ringan maka struktur dibawahnya untuk materialnya bisa lebih dihemat. Walau bobotnya ringan,hal ini tidak berpengaruh pada kualitasnya yang sejajar dengan kualitas beton k175 yang mempunyai tegangan ijin maksimum sebesar 55 kg/cm2.

Lebih cepat dan ekonomis Karena dak keraton merupakan blok-blok keramik yang sudah jadi sedangkan beton digunakan hanya sebagai penutup, sehingga tidak perlu menunggu proses pengeringan beton yang lama. Dak keraton hanya membutuhkan waktu 7 hari hingga penyanggah bisa dilepas, sedangkan cor beton konvensional membutuhkan waktu sedikitnya kurang lebih 21 hari sampai bekisting bisa dilepas.Dak keraton menganut system penulangan satu arah,sehingga kebutuhan besi hanya 60% dibandingkan dak beton konvensional.tidak memerlukan bekesting sehingga kebutuhan kayu sangat sedikit.Material beton yang dibutuhkan hanya sebagai perekat dan penutup 2cm sehingga sangat efisien.Tenaga kerja yang diperlukan sangat sedikit cukup 5-6 orang sedangkan pada cor beton konvensional harus lebih dari 10 orang. Lebih tahan gempa Bangunan dengan dak keraton relatif lebih tahan terhadap daya gempa. Dalam rumus Newton F=m.a. jadi jika massa bangunan berkurang maka gaya gempa yang terjadi akibat percepatan gempa juga berkurang. Adanya rongga dalam dak keraton juga memberikan manfaat berupa bunyi yang ditimbulkannya bila bangunan bergerak atau mengalami pergeseran, baik karena faktor gempa. Dengan sinyal tersebut, maka penghuni dapat melakukan antisipasi untuk menghindari kemungkinan terjadinya korban jiwa atau kerugian yang lebih besar .Dan bila mengalami keruntuhan,lantai tidak akan runtuh dalam bentuk lempengan besar dan berat tetapi dalam bentuk lempengan kecil sehingga memperkecil resiko yang disebabkan oleh gempa. Berfungsi sebagai peredam suara dan panas Fungsi rongga dalam dak keraton juga besar manfaatnya untuk meredam panas maupun suara dari dalam bangunan. Hal ini tentu saja akan semakin menjadikan ruangan dalam rumah yang dibangun dengan dak keraton lebih sejuk dan lebih nyaman. Bisa sebagai elemen estetika Keunggulan terakhir ini tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan keunggulan lainnya adalah sisi estetika nya. Dak keraton yang diekspos cukup di poles saja dapat memberikan sentuhan manis pada disain tata ruangan anda dapat kembali menghemat budget renovasi rumah karena anda dapat mengurangi biaya pembelian semen mau pun cat.

Dak keraton adalah metode plat lantai yang lebih efisien dan praktis. Dengan beberapa keuntungan seperti mengurangi bahan material yang akan digunakan, tenaga kerja yang diperlukan lebih sedikit daripada cor beton konvensional hanya membutuhkan 5 sampai 6 orang. Proses menungguu pengeringan tidak membutuhkan waktu lama, tidak seperti cor beton konvensional yang membutuhkan waktu 21 hari sampai bekesting (penyanggah besi) bisa dilepas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memasang dak keraton malang

  Sebelum di rakit bata keraton di rendam dalam air terlebih dahulu agar rekatan dengan semen semakin baik. Ketika merakit posisi bata di balik, pada posisi bagian atas diisi besi 10 mm, kemudian di beri aduan spesi (pasir dan semen adukan 1:2), dan bagian samping bawah di pasang besi 8 mm, kadang kala tukang mengikat besi tersebut dengan tali kawat untuk memudahkan pengisian semen. Pelaksanaan merakit bisa dilakukan dengan cara di tumpuk untuk menghemat tempat, tumpukan bisa sampai 10 tumpukan. Untuk bentang 3 m ke bawah bisa dirakit dibawah karena berat rakitan masih mampu diangkat beberapa orang dan tidak terlalu berat. Tetapi untuk bentang 3 – 4 m kami sarankan dirakit diatas dak (lokasi dak, dengan membuat landasan dari kayu) karena beban sangat berat ketika melakukan pesamangan di atas balok. Besi yang di ujung rakitan bata nantinya dikaitkan dengan besi balok dan di cor barengan dengan balok sehingga besi bata keraton menya

Daftar Harga Persewaan Alat Berat di Malang

Bagi anda pribadi ataupun dari instansi ataupun pengembang, yang memiliki aktifitas untuk membuka lahan, membuat jalan dan jembatan, meratakan lahan untuk perumahan, ataupun proyek yang berhubungan dengan cut and fill sebuah lahan, maka untuk menunjang dan juga membantu pekerjaan anda tersebut pastinya anda membutuhkan bantuan alat berat. Kemarin saat saya sedang berjalan-jalan untuk melihat-lihat tentang rumah murah yang ada di Malang Raya, ternyata saya bertemu dengan salah seorang mandor alat berat yang bekerja pada salah satu pengembang perumahan, dan ternyata untuk alat berat yang dimiliki oleh perusahaan pengembang tersebut juga untuk disewakan ke pada pihak lain, lalu saya mencoba untuk bertanya lebih rinci tentang syarat dan ketentuan, termasuk juga harga sewa jika kita meminjan alat berat yang mereka miliki. Untuk alat berat yang bisa disewakan di tempat tersebut mulai dari: excavator, dozer, loader, dan backhoe, untuk alat berat tersebut tersedia dalam beberap